Darurat Sampah
Darurat Sampah
Berikut ini laporan tugas kelompok pembelajaran dan pengamatan MI Salafiyah Bangilan kelas 6A pembelajaran Tematik tentang darurat sampah.
Kelompok 1
1. Anang Saputra
2. Aprilana Firmansyah
3. M. Nairil Fahmi
4. Ahmad Azzam Ramdlani
5. M. Bahiy Alathaof
Deskripsi Tugas
1. Apa yang anda ketahui tentang sampah?
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.
2. Bagaimana keadaan sampah dan lingkungan sekitarmu? Jelaskan!
Keadaan sampah di lingkungan sekitar kita cukup memprihatinkan terutama sampah yang ada di sungai kita. Banyak sampah yang kita temukan di sungai apalagi jika pada saat musim kemarau dan sungai dalam keadaan kering. Sungai yang dangkal dengan sampah yang banyak di dalamnya terutama sampah plastik, sampah yang tidak bisa diuraikan oleh pengurai sehingga fungsi sungai untuk kebutuhan air menjadi tercemar. Ini yang membuat habitat air tawar sungai mulai terganggu, banyak populasi ikan mulai menurun, seperti populasi udang sungai berkurang, ikan gabus mulai jarang, ikan wader dan bader mulai banyak yang hilang, ikan sili mulai langka hanya karena sampah yang mencemari air sungai. Belum lagi limbah rumah tangga banyak yang dibuang ke aliran sungai semenjak banyak bangunan toko didirikan di sepanjang sungai.
3. Apa yang harus kita lakukan mengatasi masalah sampah?
Membuang sampah pada tempatnya. Mulai pelan-pelan menghentikan kebiasaan buruk yaitu membuang sampah di sungai. Sampah harus mulai dikelola dengan baik atau didaur ulang supaya lebih bermanfaat sebelum darurat sampah meledak ke seluruh daerah.
4. Bagaimana cara mengatasi masalah sampah yang benar?
"Reduce, Reuse, Recycle” merupakan maksud penanganan sampah yang terdiri dari tiga unsur yaitu, “Mengurangi”, “Menggunakan ulang” dan “Mendaur ulang” sampah (juga dikenal sebagai 3R).
Kelompok 2
1. M. Faizun
2. Fahmi Danial
3. Zakki Naufal Aziz
4. M. Ulil Makarim
5. Kenzo Elfawaid
6. M. Hilmi Maulana
Deskripsi Tugas
1. Apa saja jenis-jenis sampah?
2. Apa penyebab dari masalah sampah?
3. Apakah ada mobil sampah di lingkungan sekitarmu?
4. Apa dampak yang ditimbulkan oleh sampah?
Kelompok 3
1. M. Ainur Riqza
2. Gilang Prayoga
3. Mahathir Muhammad Zain
4. Miftahul Faizin
5. M. Mubarok
6. M. Wildan Arinal Haq
Deskripsi Tugas
1. Apa saja dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah?
1. Lingkungan tercemar.
2. Merusak lingkungan.
3. Menghancurkan habitat hewan.
4. Timbulnya berbagai macam penyakit.
5. Menghancurkan kesuburan tanah terkontaminasi sampah plastik.
2. Sebutkan 5 langkah dalam mengatasi sampah!
1. Membawa Kantong Belanja Sendiri.
2. Membawa Botol Minum atau Tumbler.
3. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik. ...
4. Hindari Membeli Makanan dan Minuman Kemasan Plastik. ...
5. Daur Ulang Sampah Plastik.
3. Apa ada sampah di sungai sekitarmu?
Ada banyak. Meski ada usaha mengurangi dengan cara membakar namun masih saja sampah kian banyak terutama sampah plastik dan sampah sisa makanan.
4. Bagaimana keadaan sungaimu?
Jika musim kemarau sungai sangat kotor dan dangkal jika musim hujan datang airnya lumayan bersih dan meluruhkan berbagai macam sampah meski sampah-sampah itu makin menumpuk di DAM dan mampat tidak bisa mengalir. Kotor dan baunya busuk.
Kelompok 4
1. M. Saifulloh
2. Alfian Nur Yimanda
3. M. Fardan Jauhar
4. Bagas Juliano Pratama
5. M. Faizin
6. Taufiq Dwi Kurniawan
Deskripsi Tugas
1. Bagaimana pengelolaan sampah di madrasahmu?
Baik, hampir sampah-sampah yang terkumpul setiap hari selalu dibakar ditempat pembakaran sampah sehingga tidak terlalu menumpuk.
2. Apa sampah dibakar atau dibuang di mobil sampah?
Ada yang dibakar dan ada yang dibuang di mobil sampah.
3. Apa giliran piket di madrasahmu berjalan?
Berjalan dengan baik meski ada beberapa yang masih malas untuk melaksanakannya.
4. Tiga jenis sampah apa saja?
1. Sampah plastik.
2. Sampah organik.
3. Sampah anorganik.
4. Sampah residu.
Kelompok 5
1. Ahmad Wisnu Wibowo
2. M. Dzkiri bin Bakar Shah
3. Alif Fatih Maulana
4. Taqiudin Yanuar
5. M. Azka Athourrohman
Deskripsi Tugas
1. Ceritakan tentang sampah yang ada di lapangan setelah ada pertunjukan!
Sampah banyak berserakan di lapangan setelah pertunjukan, belum ada petugas khusus sampah yang membersihkannya.
2. Jenis sampah apa yang banyak kita temukan?
Sampah plastik.
3. Bagaimana keadaan jembatan jalan, apakah penuh dengan sampah?
Penuh dengan sampah karena digunakan banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah.
4. Mengapa orang banyak membuang sampah di sungai?
Lebih mudah membuang sampah di sungai tapi efeknya sangat berbahaya karena sampah bisa mencemari airnya.
Kelompok 6
1. Abdillah Muafa
2. Ahmad Adilah Haq Inawan
3. M. Affandi Nurul Huda
4. Ahmad Fabian Setia Pratama
5. Naufal Zahri Fikri Abrar
6. Azzam Ridho Rohim
Deskripsi Tugas
1. Kenapa Indonesia menjadi darurat sampah?
Setiap hari sampah terus bertambah namun pengelolaannya yang belum baik.
2. Bagaiaman jika sampah tidak dikelola dengan baik?
Akan menjadi malapetaka karena ibarat nya akan menjadi bom sampah yang siap meledak ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.
3. Apakah sampah bisa didaur ulang? Jelaskan!
Sangat bisa. Bisa didaur ulang menjadi banyak barang rumah tangga dan bisa dikelola menjadi pupuk tanaman.
4. Berikan 2 sampah yang bisa dimanfaatkan!
Sampah organik yang bisa diolah menjadi pupuk.
Sampah kertas yang bisa didaur ulang lagi menjadi kertas baru.
Kelompok 7
1. M. Nazwan Khoirun Nizwar
2. M. Fajar Adi Nugroho
3. Fahim Wafiyul Aqil
4. Heta Azzami Syahrul Mujib
5. Hafiz Maulana Hafiy Mahdi
6. Ahmad Reyhan Ramadhan
Deskripsi Tugas
1. Apa sampah bisa dijadikan pupuk?
Sangat bisa. Sampah organik atau sampah yang berasal dari makhluk hidup seperti; daun, sisa makanan, atau sampah yang bisa diuraikan oleh pengurai.
2. Apa sampah bisa mendapatkan uang jika dikelola dengan baik?
Sangat bisa dan bisa mendatangkan penghasilan yang besar.
3. Mengapa sampah tidak boleh dibuang di sungai?
Akan mencemari air yang ada di sungai dan merusak habitat ikan.
4. Bagaimana jika sampah dibuang di sungai dan jembatan?
Menjadikan malapetaka bagi kesehatan lingkungan karena akan mengalami pencemaran.
Sampah-sampah berserakan di sungai yang bisa menjadikan air sungai tercemar.
Masalah sampah menjadi tugas kita bersama untuk segera diatasi sebelum menjadi permasalahan yang kompleks.
Sungai telah berubah fungsi menjadi pembuangan sampah.
Peserta didik MI Salafiyah Bangilan sedang mengamati keadaan sungai sekitar untuk tugas kelompok tentang darurat sampah.
Peserta didik MI Salafiyah Bangilan sedang mengamati keadaan sungai sekitar untuk tugas kelompok tentang darurat sampah.
Tempat pembakaran sampah MI Salafiyah Bangilan yang sangat berfungsi untuk membakar sampah agar jangan sampai menumpuk menjadi gunung sampah.
Berikut ini laporan tugas kelompok pembelajaran dan pengamatan MI Salafiyah Bangilan kelas 6A pembelajaran Tematik tentang darurat sampah.
Kelompok 1
1. Anang Saputra
2. Aprilana Firmansyah
3. M. Nairil Fahmi
4. Ahmad Azzam Ramdlani
5. M. Bahiy Alathaof
Deskripsi Tugas
1. Apa yang anda ketahui tentang sampah?
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.
2. Bagaimana keadaan sampah dan lingkungan sekitarmu? Jelaskan!
Keadaan sampah di lingkungan sekitar kita cukup memprihatinkan terutama sampah yang ada di sungai kita. Banyak sampah yang kita temukan di sungai apalagi jika pada saat musim kemarau dan sungai dalam keadaan kering. Sungai yang dangkal dengan sampah yang banyak di dalamnya terutama sampah plastik, sampah yang tidak bisa diuraikan oleh pengurai sehingga fungsi sungai untuk kebutuhan air menjadi tercemar. Ini yang membuat habitat air tawar sungai mulai terganggu, banyak populasi ikan mulai menurun, seperti populasi udang sungai berkurang, ikan gabus mulai jarang, ikan wader dan bader mulai banyak yang hilang, ikan sili mulai langka hanya karena sampah yang mencemari air sungai. Belum lagi limbah rumah tangga banyak yang dibuang ke aliran sungai semenjak banyak bangunan toko didirikan di sepanjang sungai.
3. Apa yang harus kita lakukan mengatasi masalah sampah?
Membuang sampah pada tempatnya. Mulai pelan-pelan menghentikan kebiasaan buruk yaitu membuang sampah di sungai. Sampah harus mulai dikelola dengan baik atau didaur ulang supaya lebih bermanfaat sebelum darurat sampah meledak ke seluruh daerah.
4. Bagaimana cara mengatasi masalah sampah yang benar?
"Reduce, Reuse, Recycle” merupakan maksud penanganan sampah yang terdiri dari tiga unsur yaitu, “Mengurangi”, “Menggunakan ulang” dan “Mendaur ulang” sampah (juga dikenal sebagai 3R).
Kelompok 2
1. M. Faizun
2. Fahmi Danial
3. Zakki Naufal Aziz
4. M. Ulil Makarim
5. Kenzo Elfawaid
6. M. Hilmi Maulana
Deskripsi Tugas
1. Apa saja jenis-jenis sampah?
2. Apa penyebab dari masalah sampah?
3. Apakah ada mobil sampah di lingkungan sekitarmu?
4. Apa dampak yang ditimbulkan oleh sampah?
Kelompok 3
1. M. Ainur Riqza
2. Gilang Prayoga
3. Mahathir Muhammad Zain
4. Miftahul Faizin
5. M. Mubarok
6. M. Wildan Arinal Haq
Deskripsi Tugas
1. Apa saja dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah?
1. Lingkungan tercemar.
2. Merusak lingkungan.
3. Menghancurkan habitat hewan.
4. Timbulnya berbagai macam penyakit.
5. Menghancurkan kesuburan tanah terkontaminasi sampah plastik.
2. Sebutkan 5 langkah dalam mengatasi sampah!
1. Membawa Kantong Belanja Sendiri.
2. Membawa Botol Minum atau Tumbler.
3. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik. ...
4. Hindari Membeli Makanan dan Minuman Kemasan Plastik. ...
5. Daur Ulang Sampah Plastik.
3. Apa ada sampah di sungai sekitarmu?
Ada banyak. Meski ada usaha mengurangi dengan cara membakar namun masih saja sampah kian banyak terutama sampah plastik dan sampah sisa makanan.
4. Bagaimana keadaan sungaimu?
Jika musim kemarau sungai sangat kotor dan dangkal jika musim hujan datang airnya lumayan bersih dan meluruhkan berbagai macam sampah meski sampah-sampah itu makin menumpuk di DAM dan mampat tidak bisa mengalir. Kotor dan baunya busuk.
Kelompok 4
1. M. Saifulloh
2. Alfian Nur Yimanda
3. M. Fardan Jauhar
4. Bagas Juliano Pratama
5. M. Faizin
6. Taufiq Dwi Kurniawan
Deskripsi Tugas
1. Bagaimana pengelolaan sampah di madrasahmu?
Baik, hampir sampah-sampah yang terkumpul setiap hari selalu dibakar ditempat pembakaran sampah sehingga tidak terlalu menumpuk.
2. Apa sampah dibakar atau dibuang di mobil sampah?
Ada yang dibakar dan ada yang dibuang di mobil sampah.
3. Apa giliran piket di madrasahmu berjalan?
Berjalan dengan baik meski ada beberapa yang masih malas untuk melaksanakannya.
4. Tiga jenis sampah apa saja?
1. Sampah plastik.
2. Sampah organik.
3. Sampah anorganik.
4. Sampah residu.
Kelompok 5
1. Ahmad Wisnu Wibowo
2. M. Dzkiri bin Bakar Shah
3. Alif Fatih Maulana
4. Taqiudin Yanuar
5. M. Azka Athourrohman
Deskripsi Tugas
1. Ceritakan tentang sampah yang ada di lapangan setelah ada pertunjukan!
Sampah banyak berserakan di lapangan setelah pertunjukan, belum ada petugas khusus sampah yang membersihkannya.
2. Jenis sampah apa yang banyak kita temukan?
Sampah plastik.
3. Bagaimana keadaan jembatan jalan, apakah penuh dengan sampah?
Penuh dengan sampah karena digunakan banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah.
4. Mengapa orang banyak membuang sampah di sungai?
Lebih mudah membuang sampah di sungai tapi efeknya sangat berbahaya karena sampah bisa mencemari airnya.
Kelompok 6
1. Abdillah Muafa
2. Ahmad Adilah Haq Inawan
3. M. Affandi Nurul Huda
4. Ahmad Fabian Setia Pratama
5. Naufal Zahri Fikri Abrar
6. Azzam Ridho Rohim
Deskripsi Tugas
1. Kenapa Indonesia menjadi darurat sampah?
Setiap hari sampah terus bertambah namun pengelolaannya yang belum baik.
2. Bagaiaman jika sampah tidak dikelola dengan baik?
Akan menjadi malapetaka karena ibarat nya akan menjadi bom sampah yang siap meledak ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.
3. Apakah sampah bisa didaur ulang? Jelaskan!
Sangat bisa. Bisa didaur ulang menjadi banyak barang rumah tangga dan bisa dikelola menjadi pupuk tanaman.
4. Berikan 2 sampah yang bisa dimanfaatkan!
Sampah organik yang bisa diolah menjadi pupuk.
Sampah kertas yang bisa didaur ulang lagi menjadi kertas baru.
Kelompok 7
1. M. Nazwan Khoirun Nizwar
2. M. Fajar Adi Nugroho
3. Fahim Wafiyul Aqil
4. Heta Azzami Syahrul Mujib
5. Hafiz Maulana Hafiy Mahdi
6. Ahmad Reyhan Ramadhan
Deskripsi Tugas
1. Apa sampah bisa dijadikan pupuk?
Sangat bisa. Sampah organik atau sampah yang berasal dari makhluk hidup seperti; daun, sisa makanan, atau sampah yang bisa diuraikan oleh pengurai.
2. Apa sampah bisa mendapatkan uang jika dikelola dengan baik?
Sangat bisa dan bisa mendatangkan penghasilan yang besar.
3. Mengapa sampah tidak boleh dibuang di sungai?
Akan mencemari air yang ada di sungai dan merusak habitat ikan.
4. Bagaimana jika sampah dibuang di sungai dan jembatan?
Menjadikan malapetaka bagi kesehatan lingkungan karena akan mengalami pencemaran.
Bangilan, 1 Oktober 2023.
Ditulis dan dipublish oleh Rohmat Sholihin guru MI Salafiyah Bangilan.